Artikel tentang: Facebook Conversion API

Test Conversion API

Q: Saya sudah pasang conversion api untuk merekam event pembayaran COD di web saya, cara ngecek kalo itu udah kepasang gimana ya?



Note: Sebelum ke langkah langkah pengetesan, bisa perhatikan informasi berikut: Untuk menggunakan fitur FB Conversion API, itu hanya bisa digunakan jika di landing page / website anda ada formulir checkout dan formulir pengumpulan data, kenapa harus ada formulir checkout dan formulir pengumpulan data? karena di pengaturan apps > FB Conversion API itu hanya bisa merekam sumber data "Checkout", "Order di Bayar" dan "Form Data" saja . Jadi pastikan di landing page / website anda harus ada formulir checkoutnya atau formulir pengumpulan data baru bisa melakukan pengetesan fb conversion API dibawah ini.

A: Untuk pengetesannya silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

Silahkan masuk terlebih dahulu ke halaman facebook bisnis kamu dan pilih Uji Peristiwa -> Server kemudian copy test nya, kemudian kembali lagi ke admin dashboard pilih Apps -> FB Conversion Api dan paste test yang sudah di copy tadi ke bagian Test Id kemudian klik Simpan
Uji Peristiwa -> Server

Test Id

Kemudian untuk melihat rekaman datanya nanti bisa klik Laporan kemudian kembali lagi ke halaman bisnis facebook lagi dan pilih Uji peristiwa -> Server dan cek apakah sudah terekam atau belum
Laporan

Note : khusus untuk laporan Order Dibayar pada dashboard > apps > FB Conversion API > Laporan, untuk merekam event yang ada di tab Order Dibayar, ordernya harus tertanda terbayar baru nanti event di tab Order Dibayar akan mengirimkan laporan / eventnya ke Facebook.

Untuk istilah di web dan di laman bisnis facebook bisa dicek sebagai berikut :

a. Event add payment info maka di uji peristiwa disebut Tambahkan Info Pembayaran

b. Event initiate chekout di uji peristiwa disebut memulai proses pembayaran

Sebagai informasi tambahan, bahwa tidak semua data di perlihatkan di uji peristiwa. Nama peristiwa dan tampilannya tidak selalu sama dan karena facebook selalu melakukan perubahan, maka dari sisi pemakai aplikasi juga harus pintar pintar menggunakannya dengan cara mengeksplor aplikasi tersebut. Karena biasanya ada perubahan pada tata letaknya atau nama yang baru.

Untuk lebih lengkapnya tutorial video test conversion api, bisa dicek di sini Test Conversion API

Diperbarui pada: 04/08/2022

Apakah artikel ini berguna?

Bagikan umpan balik Anda

Membatalkan

Terima kasih!